Minggu, 26 Mei 2024

Masyarakat Harus Tahu Fungsi Utama Puskesmas

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Fungsi utama Puskesmas untuk memberdayakan dan memberi wawasan kepada masyarakat terkait masalah kesehatan, gizi, pencegahan penyakit dan kebersihan lingkungan, kini sudah mulai bergeser. Dr. Harsono Kepala Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengatakan hal ini terjadi karena masyarakat hanya fokus ke Puskesmas untuk melakukan pengobatan.

“Tugas utama puskesmas adalah mencegah masyarakat dari sakit. Dokter-dokter di Puskesmas seharusnya lebih banyak ke posyandu, melihat selokan dan kamar mandi, ada jentiknya tidak, sosialisasi perbaikan gizi, dan imunisasi (mencegah 7 penyakit menular). Ini adalah fungsi utama Puskesmas sebagai upaya-upaya preventif,” ujarnya pada Radio Suara Surabaya Selasa (27/1/2015).

Namun, masih menurut Harsono, semakin bergesernya fungsi Puskesmas ini, diperparah dengan kurangnya jumlah tenaga kerja yang kurang dari cukup.

“Saya lihat di Krian begitu banyak pasien yang datang, namun dokternya hanya satu. Padahal dokter ini mestinya harus ke posyandu. Namun sekarang dituntut hanya untuk melayani orang sakit di poliklinik,” ungkapnya

Beban Puskesmas yang semakin tinggi ini membuat Harsono menginginkan UU 23 no 2014 tentang kewenangan Gubernur Jawa Timur untuk mengatur pemerataaan tenaga kerja segera terealisasikan.

“Dampaknya, pemerintah provinsi dan kabupaten bisa mengatur tenaga kerja. Tidak meratanya SDM ini masih di Jatim lho, apalagi di wilayah lain, saya tidak bisa membayangkan,” paparnya

Dirinya berharap, nantinya semua elemen fungsi dari Puskesmas bisa berjalan seimbang. Agar fungsi nyata dari Puskesmas bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Idealnya satu Puskesmas harus ada 2 atau 3 dokter umum,” tutupnya (dop/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
32o
Kurs