Jumat, 29 Maret 2024

Mendes PDTT Belajar di Kampung Terbaik di Provinsi Banten

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Marwan Jafar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) menjalankan blusukan pertamanya di tahun 2015 ke Desa Pagedangan di Tangerang, Banten, Jumat (9/1/2015). Pasalnya, di kampung itu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi yang terbaik di provinsi tersebut.

“S‎aya ingin melihat‎ dan belajar kepada Kades dan Camat. Katanya di sini ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) juga.‎ Karena saya memang ingin agar desa-desa punya BUMDES. Ini yang akan memajukan desa,” kata Menteri Marwan disela-sela blusukannya. 

Dalam blusukannya, Menteri Marwan meninjau berbagai pembangunan yang telah dilakukan desa ini. Salah satunya menuju puluhan rumah warga yang mendapat bantuan. Kepada warga, Menteri Marwan menanyakan manfaat bantuan yang masuk dalam program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Blusukan Menteri Marwan yang diketahui oleh warga sekitar, langsung dimanfaatkan dengan menyampaikan keluhan dan informasi. Kepada warga, dia mengatakan, kedatangannya ingin belajar dari desa Pagedangan. “Belajar bagaimana perangkat desa bisa memajukan desa yang kabarnya jadi Desa terbaik se Provinsi Banten,” ujarnya.

Kepada warga, Marwan juga menyampaikan kabar baik bahwa ‎dana desa akan keluar April nanti. Dia juga sekaligus ingin mengecek kesiapan perangkat desa menerima Dana Desa. 

“Nanti bertahap, ini nanti sesuai dengan kriteria desanya masing-masing penggunaannya. Dana desa itu untuk membantu. Kami menyadari betul bantuan yang ada selama ini kurang. Ini stimulus juga untuk membuat Bumdes yang lain,” paparnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs