Jumat, 29 Maret 2024

Minggu Ini Peserta Start Surabaya Fokus Pematangan Ide

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Selama seminggu sudah 45 peserta Start Surabaya menjalani masa inkubasi. Pada minggu awal, para peserta diajak untuk menyamakan visi dan misi, serta berkolaborasi.

Para peserta juga diberi pengarahan dan pendalaman tentang tujuan Start Surabaya. Tujuannya sendiri yaitu mendorong lebih banyak anak Surabaya untuk berkarya dengan memanfaatkan teknologi, dan ingin menggali lebih banyak potensi yang ada di industri kreatif berbasis
teknologi.

Putranto Adi Nugroho satu diantara Tim Kibar mengatakan, melalui Start Surabaya, diharapkan Surabaya dapat menjadi kota pusat industri
kreatif. Dan untuk para peserta sendiri dalam minggu awal sejak masa inkubasi dimulai, lebih banyak mendapatkan materi dari para mentor.

“Dan untuk Minggu ini peserta fokus pada tim nya dan ide selanjutnya akan dievaluasi lagi,” kata Adi kepada suarasurabaya.net, Rabu (14/1/2015).

Dia menambahkan, pada minggu awal para peserta ditanamkan sebuah mindset, kolaborasi adalah kunci untuk mengubah masa depan. Selain itu juga perkenalan dengan para kolaborator, mentor dan fasilitator. Peserta juga mendapatkan materi dari mentor.

Misalnya, Yansen Kamto CEO Kibar yang berbagi tentang konsep moonshot thinking. Yaitu untuk membuat perubahan besar, anak muda harus memikirkan masalah terbesar dan menyelesaikannya dengan cara paling radikal menggunakan breakthrough technology.

Peserta juga dibekali dengan materi mengenai design sprint, yaitu bagaimana mencari ide solusi untuk sebuah masalah hanya dalam lima hari, dengan pendekatan prototyping dan testing yang didukung dengan kolaborasi. “Intinya, semakin banyak kepala, semakin banyak
alternatif solusi,” ujarnya.

Adi juga mengatakan, beberapa peserta yang sudah memiliki ide langsung melakukan sharing kepada para mentor yang saat itu hadir. Selain itu peserta diajarkan melihat peluang dan memelihara network, membuat perusahaan dengan misi bermanfaat, memilih co-founder, dan beberapa materi lainnya dari para mentor.

“Minggu ini dijadwalkan para peserta untuk mempresentasikan ide startup yang ada. Masing-masing peserta yang sudah mempunyai ide mengutarakan idenya, kemudian tim dari Start Surabaya memberikan feedback berupa saran atau kritik,” kata dia. (wak/fik)

Teks Foto:
– Peserta Start Surabaya saat melakukan diskusi di ruang lantai 7 Spazio.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs