Kamis, 25 April 2024

Misa Natal Katedral Khidmat Berbarengan Shalat Jumat Istiqlal

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, berjalan khidmat dan berlangsung berbarengan dengan shalat Jumat di Masjid Iqtiqlal yang letaknya berseberangan dengan rumah ibadah umat Kristiani itu.

Pantauan Antara di lokasi, Jumat (25/12/2015) misa Natal digelar sejak pukul 11.00 WIB berjalan lancar, demikian pula shalat Jumat berlangsung seperti biasa.

Erik Muliawan juru bicara kepanitiaan perayaan Natal Gereja Katedral Jakarta mengatakan pihaknya menyiapkan tiga waktu ibadah Misa Malam Natal dan lima kali waktu Misa Hari Raya Natal.

Misa Malam Natal diadakan pada pukul 17.00 WIB, 19.30 WIB, dan 22.00 WIB. Kemudian untuk jadwal Misa Hari Raya Natal pada pukul 06.00 WIB, 07.30 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Sejak Jumat (25/12/2015) pagi, ribuan jemaat terus berdatangan ke gereja tersebut untuk beribadah. Para jemaat didominasi oleh rombongan keluarga.

Komisaris Besar Hendro Pandowo Kapolres Jakarta Pusat mengatakan masyarakat tak perlu khawatir mengenai masalah lalu lintas saat kedua kegiatan berlangsung.

“Tidak ada masalah,” kata Hendro saat ditemui di pos pengamanan Masjid Istiqlal.

Ia menambahkan, pihaknya masih mengerahkan 400 personel gabungan untuk melakukan penjagaan di sekitar Gereja Katedral. Jumlah tersebut, sama dengan jumlah aparat untuk pengamanan malam Natal, Kamis (24/12/2015).

Untuk parkir, pengelola Masjid Istiqlal telah menyediakan tempat parkir mobil bagi jemaat gereja yang akan melaksanakan ibadah dalam rangka Hari Natal.

Hal tersebut biasa dilakukan sebagai bentuk toleransi yang dijalin antara Panitia Gereja Katedral dan pengelola Masjid Istiqlal. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs