Kamis, 23 Mei 2024

Muktamar Muhammadiyah Dipastikan Bersih dari Intervensi Parpol

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Muktamar Muhammadiyah dipastikan bersih dari intervensi partai politik. Hal ini disampaikan Saleh Partaonan Daulay Anggota Panlih Muktamar Muhammadiyah dalam pesan singkatnya, Minggu (2/8/2015).

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah ini mengatakan, sistem pemilihan dan kedewasaan Muhammadiyah dalam berdemokrasi sudah teruji. Itulah salah satu kunci mengapa muktamirin selalu kelihatan riang dan gembira serta jauh dari kasak-kusuk.

“Di Muhammadiyah ini aneh. Justru yang kelihatan kasak-kusuk dan ambisius akan ditinggalkan. Kelahiran tokoh dan pemimpin Muhammadiyah selalu natural. Tidak ada pemimpin karbitan yang tiba-tiba muncul begitu saja” ujar Saleh.

Selain itu, lanjutnya, sistem dan mekanisme pemilihan berjenjang dan panjang juga menyebabkan sulitnya intervensi. Sebelum muktamar, sistem dan mekanisme pemilihan telah dibicarakan pada sidang tanwir satu tahun sebelum muktamar. Jika ada yang perlu disempurnakan, dibicarakan pada sidang tanwir itu.

Menurutnya, pada saat peserta datang ke arena muktamar, biasanya tidak ada lagi yang mempersoalkan, mulai dari pengusulan calon, pemilihan bakal calon, sampai pemilihan formatur di muktamar sudah diatur sebelumnya. Karena itu, persaingan yang terjadi biasanya selalu berjalan dengan santun. Prinsip berlomba dalam kebaikan menjadi dasar dalam persaingan.

“Karena itu, tidak ada black campaign. Kalaupun ada yang coba-coba, biasanya tidak akan didengar. Apalagi, muktamirin sudah mengenal rekam jejak masing-masing kandidat.” paparnya.

Selain itu, kata Saleh, muktamar Muhammadiyah memilih 13 orang calon formatur. Dengan memilih formatur, sulit bagi siapa pun untuk ikut campur. Dengan peserta yang mencapai 2500 orang, tentu sangat sulit untuk mengarahkan para pemilih kepada kandidat tertentu.

“Kadang-kadang formatur 13 juga heran mengapa suaranya lebih banyak dari yang lain. Itu menandakan kalau sebelum pemilihan mereka tidak pernah menghitung dan mereka-reka berapa suara yang akan diperoleh.” kata dia. (faz/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
27o
Kurs