Sabtu, 18 Mei 2024

Nyanyikan Adzan, Bukan Video Kontroversi Pertama yang Diunggah Alvin Tan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Ini bukan pertama kali Alvin Tan Blogger Malaysia menuai kontroversi. Dia bersama mantan kekasihnya pernah menggunggah foto mereka ketika makan babi sambil mengucapkan selamat berpuasa di bulan Ramadhan kepada umat Muslim dua tahun lalu.

Foto itu membuatnya ditahan atas tuduhan penghasutan. Dari sinilah Tan mengklaim bahwa tidak ada kebebasan berpendapat di Malaysia, bahwa UU Penghasutan pernah dikritik AS dan Human Rights Watch karena salah satunya bisa digunakan untuk menjerat orang-orang yang dianggap mengkritik agama dan menyinggung umat.

Tan mengatakan kepada BBC Trending bahwa, dia dianiaya oleh pemerintah Malaysia. “Tujuan saya adalah untuk mengekspos ekstremisme dan kekerasan yang biasa terjadi di Malaysia bertahun-tahun, begitu banyak kasus sehingga label Malaysia sebagai model negara Muslim moderat seharusnya tidak lagi diberikan,” katanya.

Namun dia mengatakan tidak sedang melawan agama. “Saya hanya berjuang untuk pemisahan sejati antara agama dan negara di Malaysia,” kata Tan yang sekarang tinggal di Amerika Serikat itu. (bbc/dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs