Jumat, 19 April 2024

Obat-Obatan Tak Mampu Hancurkan Batu Empedu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Ahli kesehatan menilai, pemberian obat-obatan tertentu tidak mampu menghancurkan batu dalam kandung atau saluran empedu.

Namun, lebih pada mencegah pembentukan batu empedu baru. “Obat-obatan tujuannya menghambat penyerapan lemak, mencegah pembentukan batu empedu baru, sementara batu empedu yang sudah ada tidak bisa dihancurkan (dengan obat),” ujar dr. Erik Rohmando Purba, SpPD, spesialis penyakit dalam di Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Menurut Erik, obat-obatan ini maksimal hanya mampu mereduksi ukuran batu dalam kandung dan saluran empedu sekitar 50 persen dari ukuran semula.

Namun, bila ukuran batu melebihi satu sentimeter, maka pemberian obat-obatan tak berguna lagi. Erik mengatakan, masalah muncul jika batu yang telah tereduksi itu bergerak ke saluran lain dan menyumbatnya.

Oleh karena itu, menurut Erik, tindakan yang disarankan untuk pasien dalam hal ini ialah prosedur pembedahan, terutama untuk batu empedu yang menyebabkan nyeri sedang sampai berat atau menimbulkan gejala lainnya.

Dalam sejumlah kasus, operasi pengangkatan kandung empedu dapat saja dilakukan untuk mencegah komplikasi batu empedu.

Salah satunya melalui teknik operasi laparaskopi untuk mengangkat kandung empedu. Teknik ini diklaim, hanya membutuhkan beberapa luka sayatan kecil untuk memasukkan perangkat operasi ke rongga perut pasien. (ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs