Selasa, 21 Mei 2024
9 Tahun Lumpur Lapindo

Ogoh-ogoh Menyerupai Ical akan Diarak ke Tanggul Lumpur Lapindo

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Pringati 4 tahun Lumpur Lapindo pada 29 Mei 2010 lalu, digelar karnaval bertajuk Bercermin dalam Lumpur, Porong Semakin Ajur. Foto: Eddy/Dok. suarasurabaya.net

Ratusan warga Porong akan mengarak ogoh-ogoh menyerupai sosok Aburizal Bakrie (Ical) menuju Desa Siring dalam peringatan 9 tahun Lumpur Lapindo, Jumat, 29 Mei 2015. Namun sebelumnya pada Kamis (28/5/2015) akan digelar istighosah di tanggul titik 21.

Rere Kristanto bagian program dan kelembagaan Walhi Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Kamis (28/5/2015) mengatakan, ogoh-ogoh menyerupai Aburizal Bakrie yang akan diarak dari bekas pasar Porong Lama menuju tanggul titik 21 ini dibuat seperti patung setinggi 5 meter dari baliho.

“Ogoh-ogoh ini sebagai penggambaran yang kita anggap sebagai musuh bersama karena hak-hak korban yang belum dipenuhi. Orang yang mestinya bertanggungjawab malah hilang di permukaan. Kita ingatkan ada yang seharusnya bertanggungjawab harus dikejar negara agar mereka kembalikan hak rakyat yang belum dikembalikan,” kata dia.

Ratusan warga Porong yang akan mengikuti kegiatan ini di antaranya dari kelompok perempuan Ar-Rohmah dari empat desa yakni Siring, Jatirejo, Kedungbendo dan Kenongo. Selain itu juga ada dari Sanggar Alfaz dari Desa Besuki, Paguyuban Ojek-Portal di tanggul titik 21.

Selain itu, kegiatan lainnya adalah Festival Pulang Kampung. Nantinya warga akan membuat instalasi rumah, gedung dan tempat ibadah di tanggul titik 21 tepatnya di lumpur-lumpur yang sudah mengering.

“Ini untuk mengingatkan bahwa di sana pada 9 tahun lalu itu ada kehidupan dan sampai sekarang pemulihan kehidupan itu belum ada,” tambah dia. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
25o
Kurs