Rabu, 24 April 2024
Amankan Mudik Lebaran

Operasi Ketupat Semeru, 12 Ribu Personel Disebar di Jatim

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur didampingi Irjen. Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim dan Mayjen. TNI Eko Wiratmoko Pangdam V Brawijaya. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), Kamis (9/7/2015) melakukan gelar pasukan di Mapolda Jatim dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2015. Operasi dilakukan selama 16 hari, terhitung mulai 10 Juli hingga 25 Juli 2015.

Irjen Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim mengatakan, gelar pasukan ini tidak hanya dari kepolisian, tapi juga melibatkan TNI dan semua instansi terkait, Dinas Perhubungan Jawa Timur, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan Jatim, Satpol PP, BPBD Jawa Timur, Pramuka dan Orari.

“Jumlah personel ikut terlibat Operasi Ketupat Semeru sebanyak ada 12 ribu personel. Setelah apel pasukan ini akan langsung disebarkan ke seluruh jajaran,” kata Irjen Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim, kepada wartawan, Kamis (9/7/2015).

Dia menjelaskan, 12 ribu personel ini terdiri dari 700 personel dari Polda Jatim, dan satuan wilayah jajaran Polda Jatim sebanyak 11 ribu personel. Nantinya akan disebar ke seluruh jajaran di Jawa Timur, untuk mengamankan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2015.

Dalam Operasi Ketupat Semeru 2015 mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif, penegakan hukum, represif dengan yang didukung deteksi dini guna mewujudkan kondisi kamtibmas yang kondusif

“Target operasi ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat saat melakukan mudik lebaran. Kemudian mengamankan arus lalu lintas, baik darat, laut maupun udara dalam mudik lebaran, serta serangan dan gangguan dari kelompok,” ujar dia. (bry/ipg)

Teks Foto:
– Soekarwo Gubernur Jawa Timur didampingi Irjen. Pol Anas Yusuf Kapolda Jatim meninjau pasukan siaga bencana saat gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2015 di Mapolda Jatim.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs