Sabtu, 4 Mei 2024
Minimnya Lagu Anak

Ortu Gaptek Picu Anak Dewasa Sebelum Waktunya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Elly Yuliandari, Psikolog Anak menilai kegagapan orang tua terhadap teknologi yang menyebabkan anak lebih dewasa sebelum waktunya.

“Orang tua gagap menyiapkan sarana yang sama menariknya dengan multimedia. Dampaknya, lirik lagu dewasa yang bertema romantisme yang mengarah ke seksualitas tertanam di otaknya melalui televisi dan internet,” kata Elly kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (28/3/2015).

Elly menambahkan, saat ini anak berusia dua tahun saja sudah diberi gadget oleh orang tuanya. Padahal pada fase awal 0-12 tahun, anak harusnya diperkenalkan dengan lagu yang bertema mencintai alam dan menjalin interaksi dengan sesama manusia.

“Kalau kita mau mengajari mencintai alam, kita sendiri juga agak sulit bersentuhan dengan alam. Di sekitar rumah, jarang ada pohon, jalanan berdebu dan panas. Hal itu akan mempengaruhi anak menjadi tidak familiar dengan lagu anak. Kalau kita paksakan juga akan terkesan jadul,” katanya.

Untuk mengatasi hal itu, menurutnya, orang tua harus mempunyai agenda khusus yang membuat anak di fase awal behubungan dengan lagu tentang dunia anak, sesuai tahap perkembangannya.

“Harusnya tahapannya, berkenalan dengan alam, nilai, logika, sebelum ke arah pleasure,” kata Elly. (iss/tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs