Senin, 27 Mei 2024

PKB dan NU Ingatkan Jokowi Agar Tak Minta Maaf pada PKI

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Abdul Kadir Karding, Sekjen DPP PKB. Foto: Jose/Dok. suarasurabaya.net

Abdul Kadir Karding, Sekjen DPP PKB menegaskan, sebagai partai pendukung, PKB minta kepada Jokowi, agar berhati hati terhadap tekanan benerapa LSM agar Pemerintah Indonesia meminta maaf pada PKI.

“Apa dasar LSM itu meminta presiden atas nama negara dan rakyat Indonesia untuk minta maaf kepada PKI? Rekonsiliasi itu saling memaafkan, tidak mau menyalahkan yang lain. Yang dianggap bersalah itu harus minta maaf kepada yang merasa benar,” katanya.

Menurutnya, rekonsiliasi baru terwujud kalau melupakan persitiwa yang lalu, kemudian bersama-sama menatap masa depan yang lebih baik.

KH Said Aqil Siroj Ketua Umum PBNU dalam siaran persnya, Rabu (30/9/2015) menegaskan, NU tidak akan meminta maaf kepada orang dan keluarga PKI yang menjadi korban pembunuhan saat tragedi G30S.

LSM yang memaksa Pemerintah Indonesia meminta maaf kepada PKI, menunjukkan tidak memahami fakta sejarah.

Menurut Said, menghormati dan menjunjung tinggi HAM selalu dijadikan dalih oleh orang-orang yang bersimpati pada PKI. Tapi penegakan HAM jangan sampai menginjak injak hak asasi orang lain.

Said mempertanyakan motivasi LSM yang memaksa pemerintah minta maaf pada PKI, apakah mereka tahu siapa PKI dan apa yang telah mereka lakukan. (jos/iss/fik)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs