Minggu, 26 Mei 2024

PM Jepang Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan untuk Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Shinzo Abe Perdana Menteri Jepang. Foto: Trunews

Shinzo Abe Perdana Menteri Jepang mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Teman-teman Indonesia, atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Jepang, dengan hati yang tulus saya ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan!” kata Abe melalui siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (14/8/2015).

Menurut Abe, Indonesia dan Jepang memiliki banyak persamaan. Dirinya selalu mengagumi tradisi gotong royong yang senantiasa dipertahankan rakyat Indonesia. “Ini mengingatkan saya pada kebiasaan saling membantu yang diwariskan secara turun-menurun dalam masyarakat tradisional Jepang,” kata Abe.

Selain itu, Jepang, seperti Indonesia, adalah negara yang sering mengalami bencana alam. Pada tahun 2011, Jepang terkena bencana gempa bumi dan tsunami yang dahsyat. “Saat itu rakyat kami menghadapi situasi yang sangat sulit. Ketika itu, dukungan dari Indonesia sungguh membangkitkan kami,” katanya.

Salah satunya adalah lagu berjudul “Sakura yo”, yang dinyanyikan banyak mahasiswa Indonesia. “Liriknya-Wahai Sakura, mekarlah… Mari Jepang, bangkitlah-menyadarkan kami agar bangkit kembali,” ujar Abe.

Dalam surat elektroniknya, Abe menceritakan, Indonesia menjadi negara yang pertama kali yang dikunjunginya pada Januari 2013, segera setelah dia dilantik sebagai Perdana Menteri Jepang kedua kalinya.

“Saya telah empat kali mengunjungi Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang paling sering saya kunjungi, hal ini menunjukkan betapa tingginya penghargaan saya terhadap hubungan kita,” katanya.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
33o
Kurs