Kamis, 2 Mei 2024

PPDP Siap Verifikasi Data Pemilih ke Rumah Penduduk

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di salah satu kecamatan di Surabaya. Foto: istimewa

Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya sudah tuntas. Petugas terpilih siap mencocokan dan meneliti (coklit) Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) ke rumah-rumah penduduk.

Nur Syamsi Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi mengatakan Pelaksanaan coklit oleh PPDP, yang telah disahkan Selasa (14/7/2015), akan dimulai pada 15 Juli 2015 hingga 19 Agustus 2015.

“Kalau ada nama di DP4 yang ternyata orangnya sudah meninggal dunia atau pindah rumah, namanya akan dicoret dari DP4,” kata Nur Syamsi di KPU Kota Surabaya, Rabu (15/7/2015).

Verifikasi ke rumah-rumah ini juga menyasar calon pemilih yang baru mendapatkan hak pilihnya tahun ini.

“Kalau ada yang baru memiliki hak pilih tahun ini akan ditambahkan ke DP4,” katanya.

Rumah yang telah didatangi PPDP dan telah terverisikasi akan ditempeli stiker. Penghuninya akan menerima tanda bukti pendaftaran sebagai pemilih.

“Stiker ini tanda bahwa di rumah itu data pemilih sudah diverifikasi oleh PPDP,” lanjutnya.

KPU berharap, selama proses verifikasi, masyarakat  bekerjasama dan bersedia memberi data-data yang dibutuhkan PPDP. Sehingga hasil verifikasi DPT ini akurat.

Nantinya, DPT akan digunakan sebagai dasar penyediaan logistik, seperti jumlah surat suara. Selain itu, DPT juga akan menjadi variabel pengukuran tingkat partisipasi Pilwali 2015.

Dalam hal pemahaman PPDP tentang mekanisme coklit, Nur Syamsi mengatakan mereka telah menjalani Bimtek (Bimbingan Teknis) di sejumlah kecamatan. Antara lain di Semampir, Simokerto, Bubutan, Pabean Cantikan, Tenggilis Mejoyo, dan kecamatan lain. (den/wak)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs