Sabtu, 20 April 2024

PT KA Akui Belum Bisa Sediakan AC untuk Komuter Surabaya-Porong

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. KA Komuter Surabaya - Porong. Foto: Dok. suarasurabaya.net

PT Kereta Api Daerah Operasi VIII Surabaya akui hingga kini pihaknya belum bisa memasang Air Condition AC pada kereta komuter yang melayani rute Surabaya-Porong, Sidoarjo.

“Kami menunggu instruksi pimpinan untuk pemasangan AC tersebut. Saat ini di internal kami, memang hanya satu kereta komuter tersebut yang belum terpasang AC,” kata Soemarsono.

Secara teknis, lanjut Soemarsono, kereta komuter Surabaya – Porong bisa dipasang AC. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa saat kereta bergerak atau jalan, pintu kereta tidak tertutup dan dalam keadaan terbuka. Jika kemudian dipasang AC maka akan sia-sia.

Secara otomatis kendala atau kontrol pintu berada di ruang masinis kereta. “Dari dalam ruang masinis pintu dapat ditutup. Sampai hari ini itu belum dilakukan. Tetapi nanti jika dipasang AC maka, pintu akan tertutup saat kereta bergerak,” kata Soemarsono.

Yang pasti, kata Soemarsono, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi ketika pemasangan (AC) pada gerbong kereta komuter Surabaya – Porong rampung dikerjakan.

“Tentunya tidak mungkin juga membiarkan penumpang kereta komuter Surabaya – Porong yang gerbongnya ber AC, kemudian merokok dengan seenaknya. Karena itu, sosialisasi segera kami siapkan seiring dengan pemasangan AC tersebut,” kata Soemarsono.(tok/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs