Jumat, 3 Mei 2024

Pejabat PBB Dikukuhkan Jadi Guru Besar Fisip Unair

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prof. Dr. makarim Wibisono (berkacamata) bersama Dr. Basis Susilo. Foto: Totok suarasurabaya.net

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dijadwalkan akan kembali melakukan seremonial pengukuhan guru besar bidang kajian Hubungan Internasional pada Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisip), Sabtu (11/4/2015) mendatang kepada Prof. Dr. Makarim Wbisono, MA-IS, MA.

“Pengukuhan beliau sebagai guru besar pada Fisip Unair, dijadwalkan pada Sabtu (11/4/2015) nanti. Kami semua tentunya akan menyambut dengan sukacita kehadiran beliau,” tegas Dr. Basis Susilo Dekan Fisip Unair saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (9/4/2015).

Prof. Dr. Makarim Wbisono, MA-IS, MA lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat 8 Mei 1947, sederet jabatan sangat berpengaruh di percaturan politik sosial dan keamanan internasional dilakoni sejak tahun 1977 hingga saat ini.

Mulai dari Ketua Kelompok Kerja Pelucutan Senjata Negara-negara Non Blok di New York pada tahun 1977, hingga saat ini sebagai Pelapor Khusus PBB mengenai situasi HAM di wilayah Palestina yang dijalani sejak tahun 2014 lalu.

Termasuk sebagai Direktur Eksekutif Asean Foundation pernah dijabat Makarim pada Januari 2011 sampai dengan tahun 2014. Sedangkan jabatan sebagai Ketua APEC Counter Terorism Task Force dijalaninya mulai 2003 sampai dengan 2004.

Jabatan penting di dalam negeri, seperti staf khusus Menteri Kesehatan RI bidang Kerjasama Internasional dan Kelembagaan pernah dijabat dari tahun 2009 sampai dengan Desember 2010. Sampai sekarang ini, Makarim juga masih mejabat sebagai Penasehat Komisi Hak Asasi Manusia dari tahun 2008 sampai saat ini. (tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs