Kamis, 18 April 2024

Pemeriksaan Ketat, Pemudik TKI Malaysia Menurun

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Antrean Arus Balik TKI Indonesia di Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Foto: Antara

Jumlah TKI yang mudik pada lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah menurun. Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara menilai penurunan ini karena ketatnya pemeriksaan pendatang asing oleh pemerintah Kerajaan Malaysia.

“TKI yang mudik Lebaran tahun ini gara-gara ketatnya pemeriksaan Malaysia bagi pendatang asing akhir-akhir ini,” ujar Sumardi Manja Kepala Sub Seksi Pengamanan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kabupaten Nunukan, seperti dilansir Antara, Sabtu.

Membandingkan jumlah pemudik Lebaran di Kabupaten Nunukan 2014 lalu yang mencapai 20.000 orang, kata dia, pada 2015 ini hanya mencapai 14.000 orang lebih dimana sebagian besar TKI asal Negeri Sabah, Malaysia.

“Sebenarnya yang bikin ramai penumpang yang mudik lebaran hanya TKI saja. Kalau penumpang lokal yang mudik di Kabupaten Nunukan ini jumlahnya tidak begitu banyak,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar TKI yang bekerja di Negeri Sabah merupakan pekerja ilegal atau tidak menggunakan dokumen keimigrasian, sehingga setiap kali pemerintah Malaysia merazia dipastikan tidak berani meninggalkan tempat kerja.

Para TKI di negara itu juga sebenarnya memiliki dokumen keimigrasian (paspor) namun dipegang majikan dan tidak diberikan apabila hendak meninggalkan perusahaan. (ant/den/wak)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs