Senin, 6 Mei 2024

Pemerintah Perlu Tindak Tegas Penyebar Propaganda ISIS Lewat Medsos

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Propaganda yang dilakukan kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) sudah meresahkan, terutama melalui dunia maya. Mereka bisa bebas dalam menyuarakan kampanye kelompoknya demi untuk merekrut anggota baru serta dengan “menjual” isu negara berdaulat, serta jaminan hidup sejahtera.

“Harus ada tindakan tegas terhadap apa dan siapa saja yang ikut dan terlibat menyebarkan klaim-klaim ISIS. Terutama situs-situs yang bertebaran di internet serta melalui media sosial seperti twitter, youtube, facebook, dan lain-lain,” kata Wawan Hari Purwanto Pengamat Intelijen di Jakarta, Sabtu (5/9/2015)

“Kalau dibiarkan pasti akibatnya sangat berbahaya. Apalagi saat ini masyarakat Indonesia sudah terbagi dalam menyikapi propaganda ISIS tersebut. Paling bahaya bila masyarakat percaya begitu saja dengan ISIS sehingga mereka sangat gampang untuk direkrut,” ungkap Wawan.

Untuk itu, Wawan mendukung langkah kontra propaganda yang dilakukan pemerintah, melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sekedar diketahui, BNPT telah mencanangkan tahun 2015 sebagai Tahun Damai di Dunia Maya, juga lebih menggiatkan sosialisasi pencegahan paham ISIS di seluruh Indonesia. BNPT sudah melakukan sosialisasi pencegahan dengan menjangkau tokoh pemuda, tokoh budaya sampai ke tokoh pendidikan dari Sabang sampai Merauke.

“Harus ada yang menjelaskan dan meluruskan apa dan bagaimana ISIS itu sebenarnya melalui media, baik itu media konvensional maupun media maya,” tukas Wawan.

Wawan mencontohkan tentang klaim ISIS yang menyatakan bahwa mereka adalah negara berdaulat. “Siapapun bisa melakukan klaim seperti itu karena wilayah di sana sedang mengalami konflik politik dan perang saudara. Mana ada di daerah konflik menyatakan ekonominya membaik, harga kebutuhan stabil, segala sesuatunya seperti kesehatan, sewa rumah, listrik, air bisa gratis dan sebagainya. Tidak benar itu,” ujar Wawan. (faz/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs