Sabtu, 18 Mei 2024

Pemkot Akan Lengkapi Koleksi Museum Kota Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu koleksi benda pemadam kebakaran di Museum Kota Surabaya yang akan diresmikan Minggu (3/5/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen menambah dan melengkapi koleksi Museum Kota Surabaya yang rencananya akan diresmikan Minggu (3/5/2015). Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota Surabaya berlomba-lomba mengajukan barang-barang bersejarah yang ada di kantor mereka masing-masing.

Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya mengatakan, jumlah barang yang telah terkumpul sebagai koleksi Museum Kota Surabaya sudah melebihi ekspektasinya. Ini karena koleksi barang bersejarah yang dimiliki SKPD Kota Surabaya terus bermunculan.

“Setelah ditampilkan, banyak dinas yang menambahkan koleksi museum,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Siola saat sedang mempersiapkan Museum Kota Surabaya, Sabtu (2/5/2015).

Sebuah bajaj juga sengaja dibeli oleh Risma untuk melengkapi koleksi museum Kota Surabaya. Bajaj tersebut diletakkan di bagian Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Ya, museum ini terbagi-bagi untuk masing-masing SKPD. Ada bagian Dinas Kebakaran Kota Surabaya yang berisi peralatan pemadam kebakaran zaman dahulu, dan bagian-bagian SKPD lainnya.

Risma mengakui bahwa koleksi museum belum sempurna. Namun, ia mengatakan Pemkot akan terus melengkapinya. “Kami akan terus menyempurnakannya,” ujarnya.

Ia berharap Museum tersebut menjadi panduan bagi masyarakat tentang perkembangan kota Surabaya dari tahun ke tahun sejak zaman Belanda. Ada catatan kelahiran masyarakat Surabaya sejak zaman belanda hingga kini, sejak lahir hingga tercatat meninggal. Termasuk berbagai catatan tentang pelayanan apa saja yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Catatan tersebut juga dilengkapi dengan catatan tentang Balai Pemuda, yang mana di catatan itu dijelaskan kelompok apa saja yang pernah hidup di sana. Tidak hanya itu, di Museum tersebut akan dipajang foto-foto Wali Kota Surabaya sejak jaman belanda hingga kini. “Ada wali kota dari jepang yang menjabat dari tahun 1942 hingga 1945. Kemudian ada wali kota yang terbunuh pada jaman gestapu. Ini supaya masyarakat tahu,” tuturnya.

Museum tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan benda-benda atau catatan yang menunjukkan progres perkembangan Kota Surabaya saat ini.

Mengenai pengamanan, Pemkot Surabaya akan menyiapkan pemasangan CCTV di seluruh Gedung. “Masih kita siapkan soal pengamanannya,” katanya. (den/fik)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs