Jumat, 14 Juni 2024

Pemkot Diimbau Rutin Gelar Razia Mamin Jelang Akhir Tahun

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat akan komoditas pangan menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot diimbau untuk rutin menggelar razia makanan dan minuman (mamin).

Adi Sutarwiyono wakil ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya mengatakan, peningkatan konsumsi masyarakat ini juga dibarengi dengan peningkatan supply barang-barang di pusat perbelanjaan.

“Karena itu kami berharap ada proses pengamanan dari Pemkot Surabaya untuk menjaga konsumsi masyarakat yang sehat,” kata Adi pada Radio Suara Surabaya.

Upaya ini juga harus dilakukan karena masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan produk yang layak. BPOM harus melakukan upaya menjamin produk makanan dan minuman tersebut aman dikonsumsi dan masyarakat tidak membeli produk yang berbahaya.

“Ini harus jadi prinsip yang harus dipegang teguh dan dijalankan menjelang akhir tahun dengan melakukan pemeriksaan barang-barang yang ada di pusat perbelanjaan,” ujar dia.

Selain itu, jika ada temuan barang yang kadaluarsa, lanjut dia, Pemkot harus mengumumkan secepatnya pada masyarakat. Ini dilakukan agar masyarakat bisa mengambil keputusan untuk tidak membeli barang tersebut.

“Selama ini memang ada razia tapi tidka diumumkan sehingga tidak pengaruhi keputusan masyarakat,” katanya.

Kata Adi, proses melakukan razia mamin ini juga melibatkan beberapa satuan kerja di Pemkot Surabaya seperti Disperindag, Satpol PP. “Kalau tim yang akan menggelar razia ini mau melibatkan kami, kami akan siap,” tambah dia. (dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
30o
Kurs