Jumat, 21 Juni 2024

Pemkot Surabaya Belum Bisa Anggarkan Penyelamatan Hiu Paus

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Hiu Paus setelah terjaring nelayan Kenjeran. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Aries Munandar Kepala Bagian Perikanan dan Kelautan Dinas Pertanian Kota Surabaya mengatakan, belum bisa menganggarkan kebutuhan nelayan dalam partisipasi penyelamatan Hiu Paus di Kenjeran.

Menurut Aries, pihaknya baru akan mengkaji dan menganggarkan pada tahun anggaran 2016. “Karena baru disepakati hari ini, di akhir Oktober, yang sudah berjalan Triwulan Keempat tahun anggaran, maka tidak bisa dianggarkan tahun ini,” katanya kepada suarasurabaya.net, Senin (26/10/2015).

Namun, Aries berjanji bahwa Pemkot akan membantu dalam masalah ini dengan menyusun anggaran di tahun 2016 nanti.

“Akan kita susun 2016 untuk menganggarkan,” katanya.

Dia juga tidak menyalahkan nelayan dalam kasus kematian Hiu Paus yang dilindungi ini. Karena Hiu terperangkap jaring secara tidak sengaja.

“Sebenarnya nelayan meletakkan jaring tidak menyalahi aturan, karena untuk menangkap ikan kecil. Ini sudah dilakukan bertahun-tahun lalu. Hanya saja, kendalanya setiap bulan September-Oktober oktober banyak Hiu Paus mencari makan di perairan Surabaya,” katanya.

Menurut Aries, para nelayan saat ini sudah tahu jika Hiu itu dilindungi. Dan Pemkot akan bekerjasama untuk penyelamatan ini. “Sementara yang bisa dilakukan tadi memasang penghalang di mulut jaring agar Hiu tidak masuk,” katanya.(bid/ipg)

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
30o
Kurs