Senin, 6 Mei 2024

Pemudik Lebaran di Stasiun Pasar Turi Meningkat Drastis

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Stasiun Pasar Turi tampak sepi sore hari, Selasa (14/7/2015). Lonjakan penumpang baru terjadi malam hari untuk kereta Kertajaya tujuan Jakarta. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

H-3 Idul Fitri 1436 H Stasiun Kereta Api Pasar Turi, Surabaya, Selasa (14/7/2015) sore tampak sepi. Namun, jumlah pemudik sebenarnya meningkat drastis dibandingkan tahun 2014 lalu.

Agung Karyanto Kepala Sub Urusan Komersial Stasiun Pasar Turi mengatakan, peningkatan jumlah pemudik di Stasiun Pasar Turi tampak dalam grafik harian pemudik.

“Peningkatan jumlah pemudik pada H-4 kemarin saja mencapai 192 persen dari tahun sebelumnya,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Selasa sore.

Pada H-4 lebaran tahun 2014 jumlah pemudik hanya 2.095 orang. Sedangkan H-4 Senin (13/7/2015) jumlah pemudik mencapai 4.024 orang.

“Puncaknya malam, saat keberangkatan kereta Kertajaya tujuan Jakarta. Semalam (Senin malam) baik Kertajaya reguler dan tambahan, penumpangnya mencapai 1.400 orang,” katanya.

Ruang tunggu penumpang kelas ekonomi pun tidak cukup untuk menampung seluruh penumpang. “Kami mengarahkan penumpang ke ruang tunggu eksekutif,” ujarnya.

Peningkatan jumlah pemudik ini juga dapat dilihat dengan telah habisnya tiket kereta ekonomi Kertajaya hingga tanggal 10 Agustus.

Ini juga terjadi untuk kereta tambahan Kertajaya yang sudah habis dari 13 Juni hingga 25 juli 2015.

Agung juga mengatakan, dalam rangka keamanan mudik di Stasiun Pasar Turi, beberapa personel Pramuka, TNI dan lainnya diperbantukan. Baik dalam hal pelayanan informasi, menjaga kemanan, dan mengatur penumpang. (den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs