Jumat, 17 Mei 2024

Pengungsi Asal Bangladesh Akan Dipulangkan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para pengungsi Bangladesh saat tiba di Aceh, Minggu (10/5/2015). Foto: ibtimes

Ratusan warga Bangladesh yang terdampar di Aceh akan dipulangkan oleh pemerintah Bangladesh.

Albert Djalius Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Lhokseumawe mengatakan, identitas 236 orang pengungsi telah dicatat oleh kedutaan besar Bangladesh, dan selanjutnya data itu akan diverifikasi.

“Jadi perintahnya adalah memverifikasi apakah benar mereka itu merupakan warganya (Bangladesh) atau bukan,” jelas Albert Djalius kepada BBC Indonesia.

Albert mengatakan jika memang mereka merupakan warga negara Bangladesh maka akan dipulangkan oleh pemerintahnya. Jika ada yang bukan merupakan warga negara Bangladesh, maka akan diserahkan ke UNHCR.

Sejumlah warga Bangladesh yang ditemui BBC Indonesia di TPI Kuala Cangkoy menyatakan mereka ingin mencari pekerjaan di Malaysia.

“Di negara kami, kami ini miskin. Kami ingin mencari uang untuk dikirim dan menghidupi keluarga kami,” papar Mohamad Tariq, seorang warga Bangladesh.

Di tempat pengungsian di Kuala Langsa, jumlah pengungsi Bangladesh mencapai 421 orang dan semuanya adalah laki-laki yang menyatakan berniat mencari pekerjaan di Malaysia.

Namun sejauh ini Malaysia justru menghalau kapal-kapal pra pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, ratusan pengungsi tersebut tiba di Aceh Minggu (10/5/2015).

Untuk sementara mereka ditempatkan di Tempat Pelelangan Ikan Kuala Cangkoy, Lapang Aceh Utara, kemudian dipindahkan ke bekas kantor imigrasi Lhokseumawe, Sabtu (16/5/2015).(bbc/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs