Sabtu, 18 Mei 2024
Tahun Ajaran baru

Penjual Seragam Sekolah Raup Untung 3 Kali Lipat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pedagang seragam di Pasar Blauran Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memasuki tahun ajaran baru, sejumlah penjual seragam sekolah dibeberapa pusat perbelanjaan di Kota Surabaya, meraup untung sampai 3 kali ipat dibandingkan dengan hari biasa.

Di pasar Baluran lantai 2, beberapa kios penjual seragam sekolah Sabtu (25/7/2015) disesaki pembeli, yang ingin mendapatkan seragam sekolah. Mulai dari seragam SD, SMP hingga SMA dan Pramuka.

“Tahun ajaran baru biasanya memang begini. Ramai. Memang belum nambah stok tapi kalau dihitung keuntungan dari penjualan, sekarang ini sudah 3 kali lipat dibanding hari biasa,” kata Liliani pemilik Seragam Sekolah Jaya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (25/7/2015).

Menurut Liliani, seragam sekolah yang paling banyak dicari untuk SMP dan SMA. “Kalau seragam Pramuka, pembelinya tidak banyak,” ujarnya.

Sekurangnya 5 lusin seragam sekolah untuk SMP, terbanyak yaitu baju putih sudah dijual Liliani selama sekitar sepekan. “Biasanya seminggu paling banyak 1 lusin saja,” kata Liliani.

Senada dengan Liliani, pemilik kios baju seragam sekolah dan Pramuka, Siti Romlah membenarkan saat ini penjualan seragam sekolah memang meningkat.

“Mulai habis Lebaran kemarin, banyak yang beli seragam sekolah. Lumayan sudah nambah stok untuk baju putihnya. Tahun ajaran baru soalnya, butuh seragam sekolah,” kata Siti Romlah.

Pantauan suarasurabaya.net, di beberapa kios penjual seragam sekolah di Pusat Grosir Surabaya, Sabtu (25/7/2015) pembeli juga padat. Rata-rata membeli baju seragam sekolah dan seragam Pramuka.(tok/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs