Sabtu, 20 April 2024

Penyelidikan Ledakan Tanah Abang Ditangani Densus 88

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Penyelidikan atas peristiwa ledakan di kawasan Tanah Abang yang terjadi pada Rabu (8/4/2015) lalu, telah diserahkan pada Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror.

“Penanganan sudah diserahkan ke Densus 88 Anti Teror yang secara administratif berada di bawah kewenangan Mabes Polri,” ujar Kombes Pol Martinus Sitompul Kabid Humas Polda Metro Jaya di Jakarta, Kamis (9/4/2015).

Menurut dia, penanganan penyelidikan oleh Densus 88 disebabkan karena peristiwa tersebut tergolong menakutkan.

“Belum bisa dipastikan teror atau kecelakaan, tetapi karena ini menakutkan maka ditangani Densus 88,” tuturnya.

Sebelumnya, Tim Gegana Brimob Polda Metro Jaya menemukan 49 bungkus yang berisi mercon banting, serbuk hitam dan paku di sekitar lokasi ledakan Jalan Jati Bunder RT16/09 Kebon Kacang Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Ini yang kita temukan 49 bungkus dari hasil penggeledahan di sekitar lokasi ledakan,” kata Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono Kepala Polda Metro Jaya.

Irjen Unggung menuturkan tim Gegana yang menyisir selanjutnya anggota Pusat Laboratorium Forensik Polri dan Reserse mengolah tempat kejadian di sekitar lokasi kejadian.

Dari hasil penggeledahan, petugas tidak ditemukan timer dan detonator (alat pemicu).

Berdasarkan olah tempat kejadian sementara, polisi menemukan diameter sebesar 30 centimeter yang diduga bekas ledakan hingga merusak kayu bangunan rumah.

Akibat ledakan tersebut, empat orang terluka parah dan hingga kini masih dirawat secara intensif di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Keempat korban itu yakni Feri Andiyanto (28) warga Indramayu yang beralamat di Jalan Jabun RT16/09 Kebon Kacang Tanah Abang, Amir (51) warga Tasikmalaya yang beralamat di Jalan Jabun III RT 6/09 Kebon Kacang, Asep Samsudin (66) asal Garut yang beralamat di Jalan Jabun VII RT 16/09, Kebon Kacang dan Suro (50) yang belum diketahui domisilinya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs