Jumat, 14 Juni 2024

Penyelundupan Kendaraan ke Timor Leste Berhasil Digagalkan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
AKBP Takdir Mattanete, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya. Foto: Istimewa

Satuan Reserse Kriminal Polrestabes berhasil menggagalkan upaya penyelundupan kendaraan berbagai jenis ke negara Timor Leste.

AKBP Takdir Mattanete, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya memimpin langsung penggerebekan yang dilakukan di terminal bongkar muat peti kemas, Terminal Multipurpose Teluk Lamong Surabaya.

Dalam penggerebekan ini, polisi membongkar sebelas peti kemas yang sebelumnya telah siap untuk diberangkatkan atau dikirim ke negara tujuan yakni Timor Leste. Saat dibongkar paksa, ternyata di dalam sebelas peti kemas ini terdapat sebelas unit kendaraan dari berbagai jenis diantaranya mobil dan truk serta enam unit sepeda motor.

Dalam penggerebekan ini, polisi juga menghadirkan satu diantara dua tersangka
yakni berinisial AC asal Surabaya. Sementara tersangka lain, EP masih menjalani pemeriksaan di Unit Tindak Pidana Korupsi Satreskrim Polrestabes Surabaya.

AKBP Takdir Matanette mengatakan, penggagalan upaya penyelundupan mobil dan motor ke luar negeri yakni Timor Leste ini juga berkat kerjasama dari Bea Cukai dan pihak Terminal Teluk Lamong, dimana bisa membongkar sebelas peti kemas yang berisi kendaraan.

Sebelum membongkar peti kemas di Terminal Teluk Lamong, polisi sebelumnya telah berhasil mengamankan kendaraan-kendaraan lain. Untuk sementara ada 46 kendaraan terdiri dari motor mobil dan truk.

Terbongkarnya kasus ini sendiri berawal dari diamankannya satu unit kendaraan jenis pick up, yang juga hendak dikirim ke Timor Leste, yang sebelumnya kendaraan tersebut dilaporkan hilang di Polda DIY.

Kendaraan jenis pick up ini akhirnya terpantau keberadaannya di Terminal Teluk Lamong. Hari ini juga dilakukan pendalaman kasus ini di Teluk Lamong untuk mengecek kontainer lain. Diduga seluruh kendaraan yang ditemukan merupakan kendaraan bermasalah, baik itu dari kasus pencurian, penggelapan maupun kredit macet.(din/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
32o
Kurs