Jumat, 17 Mei 2024

Perkembangan Moda Transportasi KA, Akibatkan Perubahan Harga Tiket

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perkembangan moda transportasi KA, picu kenaikan harga tiket. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berdasarkan catatan yang ada, perkembangan moda transportasi kereta api (KA) di tanah air memang signifikan. Sehingga hal itu menjadi satu diantara penyebab berubahnya harga tiket perjalanan kereta api.

“Ditahun 2014 saja, ada banyak perubahan dengan mulai masuknya rute perjalanan kereta api baru. Termasuk diwilayah Daops VIII Surabaya. Sehingga kemudian memicu terjadinya perubahan harga tiket perjalanan KA,” terang Soemarsono Manajer Humas PT KA Daops VIII Surabaya.

Soemarsono mencontohkan rute perjalanan kereta api Bangunkarta. Sebelumnya kereta yang berangkat dari Jakarta itu hanya berhenti sampai stasiun Jombang saja. Tapi dalam perkembangannya saat ini langsung berhenti di stasiun Surabaya.

KA Bima yang berangkat dari Jakarta sebelumnya hanya sampai stasiun Surabaya. Tetapi saat ini, KA Bima langsung melanjutkan perjalanan menuju stasiun Kota Malang.

“Ada beberapa juga lainnya. Perubahan-perubahan rute, kereta, maupun kota pemberhentian, akhirnya menjadikan perubahan pada tarif tiket perjalanan kereta api,” tegas Soemarsono pada suarasurabaya.net, Selasa (31/3/2015).

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia mulai 1 April 2015 akan menaikkan harga tiket perjalanan kereta api. Setelah melalui evaluasi serta pengkajian mendalam, kenaikan tarif tiket perjalanan kereta api tidak dapat dihindarkan.(tok/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs