Selasa, 7 Mei 2024
Hari Jantung Sedunia 2015

Perki Surabaya Ajak Masyarakat Sadar Kesehatan Jantung

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Para anggota Perki usai melakukan pelatihan pengenalan penyakit jantung bagi masyarakat di Taman Bungkul Surabaya. Minggu (4/10/2015). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Peringati Hari Jantung Sedunia (World Heart Day 2015), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Kota Surabaya mengajak masyarakat sadar akan kesehatan jantung.

Aksi Sosial dan Seminar ini diawali dengan senam jantung pada pukul 06.00 WIB di Taman Bungkul Surabaya.

“Peringatan hari Jantung Sedunia itu diperingati setiap tanggal 29 September setiap tahun sejak tahun 2000,” kata dr Agus Subagjo pemegang kendali pelatihan Basic Life Support (BLS) dan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) Perki Surabaya, Minggu (4/10/2015).

Penyakit kardiovaskular, kata Bagus merupakan penyakit jantung dan stroke yang telah merenggut nyawa 17,3 juta jiwa setiap tahun di seluruh dunia. Sebagian besar korban penyakit kardiovaskular berada di negara-negara sedang berkembang.

“Di Indonesia, stroke dan penyakit jantung masuk dalam 10 penyebab kematian utama,” katanya.

Agus mengatakan, masyarakat harus sadar dan mengenali penyakit jantung. Sebab, jika mengenali karakteristiknya akan mencegah kematian.

“Orang kena serangan jantung kalau langsung sadar untuk ke UGD, ada banyak peluang selamat. Misalnya, Indro Warkop yang kena jantung langsung cepat ke UGD untuk segera ditangani,” katanya.

Mengenal tanda-tanda penyakit jantung koroner itu penting. Penyakit yang sering disebut orang dulu sebagai “Angin Duduk” ini memang membahayakan kalau tidak ditangani cepat saat kambuh.

Tema hari jantung kali ini adalah “Healthy Heart Choices for Everyone, Everywhere”. Dalam kampanye hari jantung ini, Perki juga mengajak masyarakat untuk minum air putih, makan buah dan sayuran, olahraga teratur, istirahat tidur cukup dan tidak merokok.

Acara yang berlangsung hari ini diantaranya juga ada konsultasi jantung dan pemeriksaan tekanan darah dan gula gratis, termasuk pelatihan pengenalan penyakit jantung, katanya Agus. (bid/iss/rst)

Teks Foto:
-. Puluhan boneka yang digunakan untuk pelatihan pengenalan jantung yang digelar Perki Surabaya di Taman Bungkul.
Foto: Abidin suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs