Sabtu, 25 Mei 2024

Pesta Rakyat Dies Natalis UNAIR ke-61 Bagikan 4 Ton Ikan bagi Masyarakat

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Dalam rangka penutupan Dies Natalis ke-61, Universitas Airlangga menggelar pesta rakyat panen ikan kolam konservasi UNAIR. Acara yang dilangsungkan pada Minggu (13/12/2015) tersebut menyedot ribuan pengunjung baik dari kalangan akademisi maupun masyarakat umum.

Ikan yang dipanen dari kolam seluas 2 hektar tersebut mencapai 4 ton, terdiri dari ikan patin, tombro, nila, emas, dan sebagainya. Ikan-ikan tersebut dibagikan kepada masyarakat umum yang telah mendapatkan kupon. Total ada 2000 kupon yang dibagikan panitia kepada pengunjung. Dengan kupon tersebut pengunjung mendapatkan ikan masing-masing 1,5 kg, nasi beserta lalapan dan sambal, serta doorprize bagi yang beruntung.

Acara yang dibuka pukul 06.00 WIB oleh M. Nasih Rektor UNAIR ini diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan penukaran kupon dan pembagian doorprize. Doorprize yang dibagikan dalam pesta rakyat tersebut adalah 2 unit sepeda Polygon, 2 kulkas, 1 mesin cuci, 1 TV 21 inchi, 1 tape compo, 2 kompor gas, 2 magic com, 2 kipas angin, 2 dispenser, 2 blender, dan macam-macam hadiah lainnya. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan barongsai, elekton, dan lomba bakar ikan.

Rektor UNAIR mengatakan bahwa acara ini sekaligus sebagai bentuk syukur UNAIR yang telah mencapai usia 61 tahun. “Ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Maka apa yang kita miliki, kita bagi dengan masyarakat,” papar rektor.

Sementara itu, Kustiawan Tri Pursetyo dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) UNAIR mengatakan bahwa acara panen ikan yang ketiga ini akan dilanjutkan setiap dua tahun sekali. Setelah dipanen, benih ikan baru ditebar lagi oleh mahasiswa FPK. Kustiawan juga mengatakan bahwa acara ini juga ditujukan untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan.

“Kita juga ingin menginfokan kepada masyarakat bahwa potensi perikanan sangat besar. Selain itu, agar masyarakat gemar makan ikan. Protein paling baik berasal dari ikan. Ikan mengandung banyak omega-3, yang bisa bikin cerdas,” papar Kustiawan.

Fatimah, salah satu pengunjung dari Petemon mengatakan senang ada acara bagi-bagi ikan ini. “Alhamdulillah, seneng bisa dapat ikan,” katanya. Mujahidin dari Asemrowo, yang datang bersama anak-anaknya menyatakan hal yang sama. “Acara ini sangat menarik, untuk rekreasi sekaligus dapat ikan,” ungkapnya.

Kolam konservasi UNAIR memang menjadi jujukan masyarakat setiap akhir pekan. Sambil berekreasi, ada juga masyarakat yang memberi makan ikan-ikan di dalam kolam tersebut. Dengan pesta rakyat ini, masyarakat bisa merasakan hasil pengelolaan kolam konservasi tersebut.

Menurut Suko Widodo, Direktur Humas Unair, acara ini akan dijadikan agenda tahunan Unair. “Acara ini memang bukan hanya diperuntukkan untuk warga Unair, tetapi juga masyarakat luas”, ujar Suko. (dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
27o
Kurs