Minggu, 5 Mei 2024

Plat Nomor Roda 2 Tersedia, Tapi untuk Roda 4 Masih Langka

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Salah seorang pekerja menata bahan material plat nomor yang siap mendistribusikan ke seluruh samsat Jawa Timur. Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Bahan material tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau dikenal dengan plat nomor, sebelumnya sempat mengalami kelangkaan, khususnya Jawa Timur, kini sudah teratasi.

Korlantas Mabes Polri sudah melakukan pendistribusian bahan tersebut ke seluruh jajaran, termasuk Polda Jatim.

Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, bahan meterial TNKB yang datang sejak Kamis (29/10/2015) lalu. Kini pasokan itu sudah mulai didistribusikan ke Samsat di seluruh Jawa Timur.

“Bahah material TNKB untuk kendaraan roda dua jumlahnya mencapai 1.709.544 itu semua sudah teratasi, tidak menemukan kendala,” katanya, Senin (2/11/2015).

Untuk bahan material TNKB kendaraan roda empat, saat ini masih belum bisa dipenuhi. Karena, Korlantas Mabes Polri sendiri belum melakukan pendistribusian.

Namun, Argo yakin, bahwa kekurangannya itu akan terpenuhi sebelum tahun 2015 ini habis. “Kekurangan bahan material TNKB kendaraan roda empat mencapai sekitar 573.990. Tapi, pasokan itu akan terpenuhi bulan Desember depan,” ujar dia.

Secara terpisah AKBP Tedy Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim mengatakan, dengan datangnya bahan material TNKB untuk roda dua, maka masyarakat bisa melakukan pengurusan dan mengambilnya.

“Untuk pengurusan mengambil TNKB, masyarakat hanya menunjukan resi bukti pembayaran pajak dari petugas Samsat. Yang saat itu masyarakat sudah membayar pajak. Kemudian surat tanda nomor kendaraan (STNK),” kata AKBP Tedy.

Dia mengungkapkan, apabila nantinya masyarakat tidak bisa menunjukan STNK, Maka masyarakat bisa membawa surat kehilangan dan BPKB, untuk melakukan pengurusan TNKB. (bry/iss/ipg)

Teks Foto :
– Seorang pekerja mengangkat bahan material plat nomor yang siap didistribusikan.
Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
30o
Kurs