Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Bertemu Presiden Peru Bahas APEC 2016

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Setelah melakukan kunjungan incognito ke paviliun Indonesia dan bertemu dengan aktivis lingkungan hidup Greenpeace, Presiden Joko Widodo melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Peru Ollanta Moises Humala Tasso, Senin (30/11/2015).

Pertemuan yang dilaksanakan di Leaders Lounge Parc Des Expositions Du Bourget Paris ini intinya membicarakan masalah kerjasama APEC, khususnya menjelang pelaksanaan APEC 2016 di Peru. “Selamat atas kepemimpinan Peru pada APEC periode 2016,” kata Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sangat mendukung tema yang diusung Peru di APEC yakni Human Development and Quality Growth.

Sejalan dengan tema tersebut, Presiden berharap Peru dapat mendorong pembangunan yang dapat menghilangkan kesenjangan diantara anggota APEC.

Di bidang kerjasama ekonomi bilateral, Presiden berharap terjadi peningkatan nilai perdagangan dan investasi. Selama ini nilai perdangan antara kedua negara sebesar USD 230,25 juta di tahun 2013 dan meningkat menjadi USD 277,23 juta pada tahun 2014.

Untuk mendukung peningkatan perdagangan tersebut, Presiden Tasso mengatakan Peru akan membuka kantor dagang di Indonesia.

Untuk meningkatkan hubungan kedua negara tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Tasso sepakat untuk meningkatkan people to people contact. “Hubungan people to people akan lebih mengeratkan hubungan kedua negara,” ujar Presiden Jokowi.

Untuk menindaklanjuti pertemuan, Presiden Jokowi akan menugaskan Menteri Luar Negeri ke Peru awal tahun 2016. (jos/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs