Sabtu, 4 Mei 2024

Presiden Pertimbangkan Rekomendasi Tim 9 Batalkan Pelantikan BG

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pratikno Mensesneg mengatakan, Jokowi Presiden menerima dengan baik saran atau rekomendasi Tim 9.

Rekomendasi yang disampaikan kepada Presiden, Rabu (28/1/2015) mirip dengan solusi yang dipertimbangkan Presiden.

Rekomendasi Tim 9 itu antara lain Presiden sebaiknya tidak melantik pejabat publik dari manapun asalnya yang berstatus tersangka.

Dewan pertimbangan Presiden juga menyampaikan rekomendasi yang sama, demi kewibawaan pemerintah dan penegakan hukum.

Kata Pratikno, rekomendasi itu sedang didalami Presiden sebelum dituangkan dalam keputusan.

Imam Prasojo anggota Tim 9 mengakui Presiden dihadapkan pada persoalan yang sulit.

BG calon Kapolri yang berstatus tersangka dilantik atau tidak dilantik sama-sama berisikonya. Sebab itu Tim 9 merekomendasikan solusi yang kecil risikonya.

Kata Sosiolog UI tadi, Presiden seyogyanya memberi kepastian terhadap siapapun penegak hukum yang berstatus tersangka untuk mengundurkan diri dan jabatannya atau tidak menduduki jabatan selama berstatus sebagai tersangka demi menjaga marwah institusi penegak hukum baik Polri maupun KPK.

Presiden seyogyanya tidak melantik calon Kapolri dengan status tersangka dan mempertimbangkan kembali untuk mengusulkan calon baru untuk Kapolri agar institusi Polri segera dapat memiliki Kapolri yang definitif.

Presiden seyogyanya menghentikan segala upaya yang diduga merupakan kriminalisasi terhadap personel penegak hukum siapapun baik Polri maupun KPK dan masyarakat pada umumnya.

Presiden seyogyanya memerintahkan kepada Polri maupun KPK untuk menegakkan kode etik terhadap pelanggaran etika profesi yang diduga dilakukan oleh personil Polri maupun KPK.

Presiden agar menegaskan kembali komitmennya terhadap pemberantasan korupsi dan penegakan hukum pada umumnya sesuai harapan masyarakat luas.

Rekomendasi Tim 9 dan Watimpres ini bertolak belakang dengan sikap DPR RI yang meloloskan BG menjadi calon Kapolri meskipun sudah berstatus tersangka. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs