Kamis, 25 April 2024

Pria Bakar Diri di Luar Kedutaan Jepang di Seoul

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Seorang pria membakar diri di luar Kedutaan Besar Jepang di Seoul, Rabu (12/8/2015) dalam unjuk rasa menuntut permintaan maaf Tokyo karena memaksa perempuan bekerja di rumah pelacuran selama Perang Dunia II.

Menurut saksi, pengunjuk rasa lain serta petugas bertindak cepat memadamkan api dan pria itu dibawa keluar dari tempat tersebut menggunakan tandu.

Keadaan pria tersebut tidak diketahui.

Kantor berita Yonhap melaporkan pria tersebut adalah warga negara Korea Selatan berumur 81 tahun.

Hampir 1.000 pengunjuk rasa berkumpul di luar Kedubes Jepang menjelang peringatan ke-70 berakhirnya pemerintahan kolonial Jepang pada 1910-1945 di semenanjung itu.

Korsel mengatakan belum banyak yang dilakukan Jepang untuk menebus perekrutan paksa perempuan-perempuan Korsel untuk bekerja di rumah bordil militer Jepang sebagai “wanita penghibur”.

Jepang bersikeras bahwa masalah tersebut sudah diselesaikan dalam kesepakatan bilateral 1965 yang memulihkan hubungan diplomatik kedua negara, di mana Jepang membayar ganti rugi sebanyak 800 juta dolar AS dalam bentuk hibah ataupun pinjaman bagi bekas koloninya itu.

Isu tersebut menimbulkan ketegangan hubungan antara Seoul dan Tokyo selama bertahun-tahun. Park Geun-Hye Presiden Korsel mengatakan tidak akan ada pertemuan dengan Shinzo Abe Perdana Menteri Jepang sampai Jepang memberikan ganti rugi penuh, demikian laporan AFP. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs