Selasa, 30 April 2024
Untuk Wilayah Indonesia Timur

RSU Dr Soetomo Jadi Rumah Sakit Rujukan BPJS Terbesar

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
RSU Dr Soetomo Surabaya

Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo Surabaya menjadi rumah sakit kategori top referral atau yang paling banyak menerima rujukan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). RSU Dr Soetomo, tiap hari setidaknya melayani tak kurang dari empat ribu pasien BPJS.

“Dr Soetomo memang menjadi rumah sakit rujukan terbesar di Indonesia bagian timur,” kata Andi Afdal Abdullah, Kepala BPJS Kesehatan Jawa Timur, Jumat (6/3/2015).

Menurut dia, BPJS Jawa Timur saat ini telah bekerjasama dengan 2.176 pengelola fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu dokter keluarga, klinik dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Sedangkan untuk layanan rujukan, BPJS telah bekerjasama dengan 202 rumah sakit dimana 44 di antaranya berada di Surabaya dan 29 ada di Malang.

Sementara itu, dr Dodo Anondo, Direktur RSU Dr Soetomo mengakui jika RSU dr Soetomo memang yang terlengkap di Indonesia bagian timur.

“Memang wajar rumah sakit ini jadi rujukan, tapi saya kira jangan sampai semua penyakit di rujuk di sini. Kalau ringan ya cukup di Puskesmas atau rumah sakit di daerahnya masing-masing,” kata Dodo Anondo.

Menurut Dodo, sejak berlakunya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pasien RSU Dr Soetomo memang langsung meningkat. Jika biasanya hanya 2.500, saat ini menjadi 5.000 pasien perhari. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version