Jumat, 19 April 2024

Ratusan Pecinta Alam Upacara di Tengah Sungai Kalimas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pecinta lam gelar upacara ditengah sungai kalimas peringati HUT RI ke 70. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ratusan mahasiswa, pelajar serta berbagai organisasi pecinta alam dari Gresik, Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya, Senin (17/8/2015) menggelar upacara bendera di tengah sungai Kalimas, Surabaya.

Menggunakan perahu karet, ratusan pecinta alam tersebut menempatkan puluhan perahu karet di sekitar tiang bendera yang sebelumnya ditempatkan di bagian tengah sungai menggunakan rakit bambu.

Sebuah bendera Merah Putih berukuran cukup besar, sekitar 10 meter dengan lebar kurang lebih 5 meter dibentangkan di plengsengan sungai persis di bawah jalan layang menuju Gubeng.

Petugas pengibar bendera dan petugas pembaca Proklamasi dan pembaca UUD 45 berada pada perahu karet yang berbeda. Sedangkan ratusan peserta upacara menempati perahu karet yang telah disediakan.

Upacara ditandai dengan pengibaran bendera pada tiang bendera yang ditempatkan diatas rakit bambu ditengah sungai Kalimas. “Kami ingin mengingatkan setiap generasi muda untuk berjuang meneruskan perjuangan para pahlawan dibidang masing-masing,” kata Wawan satu diantara ketua penyelenggara upacara di atas Kalimas, Senin (17/8/2015).

Tidak hanya itu, upacara bendera dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 70 tahun, sengaja dipilih di tengah sungai Kalimas agar masyarakat tahu bahwa air dan sungai adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Dijadwalkan, hingga sore nanti sejumlah lomba digelar di skate park dekat monumen Suro dan Boyo yang berada di sisi lain sungai Kalimas. Lomba balap karung, lomba adu cepat membawa kelereng, dan mencari koin akan diikuti para peserta. (tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs