Rabu, 15 Mei 2024

Rekrutmen Dirut PDAM Sepi Peminat

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
ilustrasi

Rekrutmen Direktur Utama (Dirut) dan Direktur Operasional (Dirops) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya yang dibuka mulai 21 November hingga saat ini masih sepi peminat, Kamis (10/12/2015).

Samba Prawira Ketua Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, kepada Antara mengatakan, selama pendaftaran surat lamaran yang masuk hanya sebanyak 16 surat.

“Kami harap setidaknya ada sebanyak 30 surat lamaran dan itu sudah terverifikasi semua. Baru tahapan perekrutan bisa dilanjutkan,” kata Samba Prawira.

Menurut dia, pihaknya sejauh ini juga belum melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas lamaran yang masuk tersebut. Penutupan rekrutmen akan dilakukan besok, 11 Desember 2015. Karena itu pihaknya berharap dengan sisa hari pendaftaran yang ada, surat lamaran semakin banyak yang masuk.

Terkait jumlah pelamar yang menginginkan posisi jabatan sebagai dirut dan sebagai dirops, Samba mengaku tidak tahu persis. Namun dilihat dari asal usul pengirimnya, mereka tidak hanya berasal dari Surabaya, juga kota lainnya seperti Madiun dan Jakarta.

Jika sampai batas waktu habis, ternyata pelamar masih minim maka tak ada pilihan lain kecuali memperpanjang waktu pelamaran. “Jika tidak sampai 30 pelamar hingga batas waktu yang ditentukan, kami akan membuka kembali rekrutmen tersebut. Kami akan memperpanjang seminggu lagi. Dan keputusan ini tentu akan kami koordinasikan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya,” ujar dia

Ketika masa perpanjangan masih gagal mencapai target jumlah pelamar, lanjut dia, akan dibuka lagi rekrutmen. Untuk menjaga netralitas, pada proses psikotes, PDAM akan bekerja sama dengan tujuh klinik psikologi. Tujuh klinik ini akan diambil dari lembaga pemerintah dan perguruan tinggi negeri atau swasta.

Sesuai rencana, rekrutmen melalui lelang jabatan ini ditarget selesai awal Februari 2016. “Jika pelamarnya sedikit tentu kami sulit mencari calon dirut dan dirops yang berkualitas. Makanya kami berharap pelamarnya semakin banyak, sehingga peluang mencari dirut dan dirops yang bagus semakin terbuka lebar,” katanya.

Jabatan dirut PDAM Surya Sembada saat ini diisi oleh Direktur Pelayanan Sunarno dengan status Pjs (Pejabat sementara). Dirut sebelumnya, Ashari Mardiono masa jabatannya berakhir pada 28 Oktober lalu.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ashari Mardiono diangkat sebagai Dirut Utama PDAM pada 28 Oktober 2011 dengan masa jabatan empat tahun. Maka jabatan itu berakhir pada 28 Oktober 2015.

“Karena kami memperpanjang masa pendaftaran, tentu target rekrutmen bisa selesai di awal Februari 2016. Kalaupun harus diundur, paling juga seminggu,” katanya. (ant/bry/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
31o
Kurs