Jumat, 3 Mei 2024

Resolusi Jihad Dipentaskan di Tugu Pahlawan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Persiapan menjelang pementasan Resolusi Jihad . Foto: Heri Lentho for suarasurabaya.net

Sekaligus memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober, dijadwalkan Kamis (22/10/2015) malam ini dipentaskan teatrikal Resolusi Jihad di lapangan Tugu Pahlawan, Surabaya.

Heri Lentho penulis naskah yang juga sutradara pementasan membenarkan bahwa pementasan teatrikal digelar didalam kompleks Tugu Pahlawan Surabaya, dan diharapkan dihadiri segenap masyarakat Surabaya.

“Kami memang berharap bahwa teatrikal ini dihadiri segenap masyarakat khususnya generasi muda. Karena sejatinya pementasan ini punya tujuan untuk menggugah semangat anak-anak muda terhadap sejarah bangsa,” tegas Heri Lentho.

Saat ini, ujar Heri sejarah hanya sebatas pada pelajaran di kelas-kelas semata. Bukan pada bagian penting lainnya, seperti kepekaan sosial yang notabene ada ditengah masyarakat. Hal itu mengakibatkan generasi muda hanya memahami sejarah bangsa ini sebatas pada buku-buku sejarah. Padahal ada banyak cerita atau peristiwa yang terjadi disekitar mereka tetapi justru tidak mereka kenali.

Demikian halnya dengan teatrikal Resolusi Jihad ini diharapkan menjadi titik awal bagi generasi muda untuk mau melihat kembali sejarah bangsa dan negerinya sendiri.

“Harapan kami pementasan ini juga bagian dari belajar sejarah. Dan generasi muda kita menjadi lebih tahu dan memahami sejarah bangsa ini. Pergerakan kaum santri menjadi cikal bakal pertempuran dan peristiwa besar di Kota Surabaya,” pungkas Heri Lentho pada suarasurabaya.net, Kamis (22/10/2015).(tok/dop/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs