Rabu, 29 Mei 2024

Risma Undang Anak Jenderal Mallaby Pada Peringatan 10 November

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Foto Surabaya pada zaman penjajahan Belanda, salah satu koleksi Museum Kota Surabaya yang akan diresmikan Minggu (3/5/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Solahuddin Wahid meminta Tri Rismaharini-Wali Kota Surabaya untuk mengundang anak Jenderal A.W.S. Mallaby asal Inggris yang terbunuh di Surabaya. Risma akan meluluskan permintaan Gus Solah dan mengundang anak Jenderal Malaby pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November yang akan datang.

“Hari ini (tadi siang, red) saya akan menemui Pak Solahuddin Wahid. Dia meminta saya untuk mengundang anak Jenderal Mallaby pada 10 November nanti,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Siola, Sabtu (2/5/2015). Risma mengatakan, sebenarnya yang meminta datang adalah anak Jenderal Mallaby. Tujuannya agar tidak terjadi dendam atas peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Wali kota perempuan pertama Surabaya ini mengatakan ia belum mengetahui siapa nama anak Jenderal Malaby tersebut.

Risma mengatakan hal ini menjadi bukti bahwa sebenarnya Kota Surabaya memiliki banyak kenangan. “Surabaya ini kota yang penuh kenangan dan sejarah. Kita punya data tokoh-tokoh sejarah. Ada beberapa jenderal. Nah, ini warga yang tidak tahu. Kita ingin warga Surabaya dan warga luar tahu dengan adanya Museum Surabaya ini,” katanya.

Risma mengatakan, selama ini apabila ada wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Surabaya selalu saja diarahkan ke Museum House of Sampoerna (HOS) atau Museum Tugu Pahlawan. Dengan adanya Museum Kota Surabaya, Risma berharap akan menambah referensi tentang kekayaan sejarah Kota Pahlawan ini. (den/fik)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
27o
Kurs