Jumat, 29 Maret 2024

SMAN 18 Surabaya Bantah Ada Bullying Saat LOS

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMAN 18 Surabaya. Foto: sman18sby

Yuli, orang tua siswa baru di SMAN 18 Surabaya mengaku, anaknya mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari panitia Layanan Orientasi Siswa (LOS) saat pra-LOS, Jumat (24/7/2015) lalu.

“Anak saya mengaku dibentak dan ditanyai tentang hal yang bersifat privasi,” katanya kepada suarasurabaya.net, Senin (27/7/2015) sore.

Yuli menambahkan, berdasarkan pengakuan anaknya, ada siswa baru lainnya yang juga mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari siswa yang menjadi panitia LOS.

“Panitia menyuruh siswa baru membuat keplek dari kertas karton yang ditempeli foto alay. Ada seorang siswa baru yang bertanya, foto alay itu seperti apa. Anak itu langsung ditarik maju ke depan kelas dan wajahnya dicoret-coret menggunakan spidol,” katanya.

Karena tidak ingin mencegah hal seperti ini terulang dikemudian hari, dirinya mengaku telah melaporkan hal tersebut kepada sejumlah media dan Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya. “Kenapa sekolah membiarkan siswanya melakukan hal semacam itu?” ujar Yuli.

Sementara, Suwandi Kepala SMAN 18 Surabaya mengatakan, tidak ada perlakuan tidak menyenangkan dari panitia LOS. “Saya tunggui sendiri (pelaksanaan LOS, red). Sebelumnya, panitia sudah kami bekali,” katanya, Senin sore.

Menurut Suwandi, yang dicoret-coret bukan wajah, tetapi foto siswa baru. “Sekadar coret-coret saja tidak apa-apa. Maksudnya, anak-anak (siswa baru, red) diberi pengertian, siswa SMA tidak boleh bersolek,” ujarnya.

Menurutnya, pihak sekolah telah merancang LOS tahun ini sesuai dengan tema yang ditentukan, yaitu pelajar Surabaya berprestasi dan menginspirasi; pengenalan kurikulum 2013 oleh guru yang terkualifikasi; pendidikan karakter tentang ke-Surabayaan; budaya sekolah; visi dan misi; dan pengenalan ruangan di lingkup sekolah.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs