Jumat, 3 Mei 2024

Sebelum Terbang, BNN akan Periksa Urine Pilot dan Awak Pesawat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi

Komisaris Jendral Polisi Budi Waseso (Buwas) Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) mengaku sudah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan seluruh maskapai penerbangan untuk melakukan tes urine terhadap pilot dan krunya sebelum pesawat diterbangkan. Tetapi, kata Buwas, secara berkala juga akan terus dilakukan tes urine, darah, maupun rambut.

Pernyataan Buwas disampaikan setelah BNN menangkap seorang pilot, pramugara, dan pramugari yang diduga mengkonsumsi narkoba, dan maskapainya sudah melakukan pemecatan terhadap mereka.

“Secara berkala juga kita lakukan pemeriksaan-pemeriksaan urine, darah dan rambut. Ya ini yang sudah kita kerja samakan dengan beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia ini dalam rangka mengawasi secara terus menerus dan kita mengantisipasi dari terjadinya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh oknum pilot,” ujar Buwas dalam jumpa pers di kantor BNN, Selasa (22/12/2015).

Pemeriksaan urine, darah, dan rambut tersebut, menurut Buwas, demi keselamatan jiwa penumpang pesawat.

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menangkap seorang pilot, pramugara, pramugari dan ibu rumah tangga di sebuah apartemen di wilayah Tangerang, Banten.

Pilot yang ditangkap itu inisialnya SH (34), pramugara inisialnya MT, dan pramugari inisialnya SR. Sedang seorang ibu rumah tangga yang juga ikut ditangkap inisialnya NM (33).

Menurut Buwas, BNN sejak Sabtu (19/12/2015) sudah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, dan Minggu (20/12/2015) sudah mendapat kepastian kalau mereka menggunakan ganja dan sabu, hingga akhirnya dilakukan penangkapan.(faz/iss/tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs