Jumat, 26 April 2024

Sejumlah Penumpang KM Marina Ditemukan, Tiga Orang Meninggal

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Sebagian penumpang KM Marina yang karam di perairan Siwa, Kabupaten Wajo, Sabtu (20/12/2015) sore telah ditemukan. Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan mengumumkan, sebanyak 42 penumpang KM Marina sudah ditemukan, Minggu (20/12/2015) siang.

Menurut keterangan tersebut, empat penumpang diantaranya berhasil diselamatkan dengan kapal nelayan. Keempat orang ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pelabuhan Siwa. Sementara 38 penumpang lainnya ditemukan kemudian.

“Tiga orang diantaranya meninggal dunia,” kata JA Barata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan seperti dilansir Antara, Minggu. Barata mengatakan sebagian korban dibawa ke Rumah Sakit Lasusua di Kabupaten Kolaka Utara.

Kapal Motor (KM) Marina karam di perairan Siwa, Kabupaten Wajo, kurang lebih 13 mil dari daratan setelah dihantam ombak setinggi dua meter yang disertai angin kencang, Sabtu sore lalu.

Kapal cepat yang terbuat dari fiber ini berlayar dari Kolaka, Sulawesi Tenggara dengan tujuan Siwa, Kabupaten Wajo. Menurut manifes, KM Marina memuat 122 penumpang termasuk Anak Buah Kapal (ABK).

KM Marina berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, menuju Pelabuhan Bansalae, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 11.00 Wita.

Berdasarkan laporan yang diterima Syahbandar Siwa kecelakaan laut ini terjadi Sabtu sore sekitar Pukul 15.00 Wita. KM Marina karam diduga akibat dihantam ombak besar.

Dugaan tersebut disampaikan oleh Muhammad Yunus, Pelaksana Tugas Syahbandar Kolaka yang menyatakan bahwa KM Marina laik operasi. “Sebelum berangkat kapal cepat itu dalam kondisi baik dan laik jalan,” katanya di Posko Basarnas Pelabuhan Kolaka.

Yunus menduga kondisi cuaca yang buruk mengakibatkan kapal tersebut tidak bisa lagi menghubungi Syahbandar, setelah komunikasi terakhir yang dilakukan oleh awak kapal sekitar pukul 14.30 Wita. “Saat kontak terakhir itu mesin kapal dalam kondisi mati,” ungkap Yunus. (ant/den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs