Jumat, 26 April 2024

Selain Amplop Merah, Pernik Imlek Mulai Diburu Warga Tionghoa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aneka pernik Imlek selain amplop merah. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Selain amplop merah, menjelang Imlek 2566 masyarakat khususnya warga Tionghoa di Kota Surabaya, mulai berburu aneka pernik Imlek lainnya. Mulai dari buah-buahan seperti jeruk, manisan, permen serta pernik-pernik lainnya.

Di sejumlah stand penjual pernik imlek, Selasa (17/2/2015) terlihat warga masyarakat khususnya warga Tionghoa di Kota Surabaya mulai membeli berbagai kebutuhan perayaan Imlek. Mulai dari amplop berwarna merah dengan berbagai hiasan, juga pernik-pernik lainnya yang biasa digunakan untuk menyemarakkan perayaan Imlek.

Lisa Gunawan warga Villa Bukit Mas, Surabaya, Selasa (17/2/2015) menyempatkan membeli sejumlah amplop warna merah yang dijual disebuah stand di Pakuwon Trade Center (PTC) Supermall Surabaya. Tahun lalu, amplop merahjuga dibeli Lisa dalam rangka merayakan Imlek bersama kerabat dan keluarga tercintanya.

“Kalau tahun kemarin sempat kehabisan. Karena belinya juga pas barengan sembahyang Imlek. Mepet, Tidak sempat belanja. Sekarang mumpung tadi habis makan siang. Sekalian belanja amplop merah. Kalau yang lain-lain, untuk perlengkapan Imlek, Mama yang beli,” ujar Lisa saat ditemui suarasurabaya.net.

Desi Setyawan Lin mahasiswi Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya, lebih memilih berbelanja amplop merah terlebih dahulu dibandingkan dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk perayaan Imlek tahun ini.

“Kebetulan sudah dapat. Sekarang giliran belanja lainnya. Permen, Manisan, sama hiasan-hiasan untuk Imlek dirumah,” kata Desi Setyawan Lin saat ditemui suarasurabaya.net, di Pasar Atom Mall.

Senada dengan itu, Hartono Tanujaya yang bekerja pada perusahaan asuransi Selasa (17/2/2015) juga menyempatkan diri berbelanja kebutuhan Imlek 2566 yang jatuh pada Kamis (19/2/2015) nanti. Beberapa bungkus permen dan manisan, serta sekantung buah jeruk kelas premium dibeli setelah berbelanja setumpuk amplop merah.

Sementara itu, diakui Linda, pemilik accesories store di PTC Supermall, sejak sekitar seminggu yang lalu, banyak warga masyarakat khususnya warga Tionghoa, yang berbelaja amplop merah dalam berbagai ukuran, juga beberapa bentuk pernik Imlek yang didominasi warna merah tersebut.

“Selain amplop merah, pernik imlek seperti baju Ji Bao, mainan, patung kambing, memang banyak dicari pembeli. Termasuk hiasan-hiasan berbentuk Kambing, mulai dari gantungan kunci, sampai hiasan dinding banyak dibeli. Biasanya hiasan-hiasan berbentuk Kambing disesuaikan dengan shio tahun 2015. Peningkatan penjualannya lebih dari 50% dibanding hari biasa,” papar Linda pada suarasurabaya.net, Selasa (17/2/2015).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs