Minggu, 5 Mei 2024

Seluruh Kereta Komuter akan Diganti Kereta ber-AC

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Direktorat Jenderal Perkeretaapian mulai melakukan pengadaan untuk mengganti seluruh kereta api komuter yang melayani empat rute dengan kereta berpendingin udara atau AC. Empat komuter yang akan diganti ini adalah jurusan Surabaya-Sidoarjo, Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Lamongan dan Surabaya-Malang.

“Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, seluruh kereta api saat ini memang sudah harus dilengkapi dengan AC dengan pintu selalu tertutup,” kata Wachid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, Senin (6/4/2015).

Menurut Wahid, selain akan mengganti seluruh kereta komuter, pemerintah saat ini juga mulai menyusun rencana untuk menjadikan kereta komuter menjadi kereta listrik.

Perubahan kereta komuter menjadi kereta listrik ini sekaligus juga untuk mendukung rencana pembangunan jalur kereta api layang atau elevated yang ditahap awal ini akan segera dibangun untuk rute Stasiun Gubeng menuju ke Bandara Juanda.

Pembangunan elevated Gubeng-Juanda sendiri, sedianya akan dimulai tahun ini untuk tahap awal membangun jalur dari Gubeng ke Aloha. “Seluruh tanah sudah siap karena tanah dari Gubeng ke Aloha itu milik PT KA. Kemudian dari Aloha ke Juanda itu milik TNI AL, jadi sudah siap,” kata dia. (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs