Rabu, 24 April 2024

Semangat Patriotisme Harus Dibangun Melalui Pendidikan Bukan Hanya Pelatihan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Semangat patriotisme harus dibangun melalui pendidikan bukan hanya dengan pelatihan.

Anhar Gonggong Sejarawan pada Radio Suara Surabaya mengatakan, menanamkan semangat patriotisme lewat pendidikan lebih efektif karena ada generasi yang terputus tentang sejarah. Sehingga mereka tidak memahami sejarah karena tidak mendapatkan pendidikan terkait itu.

“Memang ada kesalahan pendidikan kita mulai saat ini. Sejarah tidak dipelajari lagi padahal penting mengajarkan sifat patriotik,” kata dia.

Jika saat ini ditanya apakah pembelaan terhadap negara masih tertanam? Kata Anhar, tidak bisa bilang tidak. Dulu waktu ambalat, pemuda-pemuda Indonesia naik perahu ke ambalat, jangan meregenalisasi. Kalau ada situasi tertentu, mereka pasti membantu tanah air.

Mana yang harus didahulukan saat ini diantaranya mengentaskan kemiskinan atau soal ketahanan negara. Seharusnya Menteri Pertahanan tinggal berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan untuk menggiatkan pendidikan terkait patriotisme.

“Apa yang harus diusahakan? Memang tidak ada lagi, semua tergantung dari pendidikan. Kalau mereka masih bekerja secara wajar, patriotisme masih bisa dibangun,” ujar dia.

Dalam perjalanan waktu, lanjut dia, kita bisa melakukan koreksi tertentu. Persoalannya di Indonesia, apapun bentuk kritikan yang disampaikan, program pemerintah tetap dijalankan.

“Jalannya harus kembali ke pendidikan . Yang namanya ancaman itu setiap saat ada. Kita sadar semua negara selalu ada ancaman,” pungkas dia. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs