Kamis, 2 Mei 2024

Sembuh Lebih Cepat dengan Jaga Luka Tetap Lembap

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Dokter spesialis luka mengungkapkan, menjaga luka tetap lembab merupakan cara terbaik agar luka dapat sembuh lebih cepat.

“Membiarkan luka tetap lembab sangat penting. Umumnya luka yang ringan bisa sembuh dalam seminggu (jika dibiarkan lembab), dengan percepatan tumbuh kulit baru 2 milimeter per minggu,” kata dr. Adisaputra Ramadhinara, CWSP, FACCWS, seperti dilansir Antara, Senin (2/3/2015).

Lebih lanjut, menurut dr. Adisaputro, luka merupakan kondisi akibat terganggunya struktur anatomis dan fungsi kulit. Saat bagian kulit mengalami luka, maka terdapat jaringan yang rusak di bagian kulit itu.

“Kerusakan jaringan yang ada ini membutuhkan fibroblast, zat yang bertugas membentuk matriks ekstraseluler (yang berperan membentuk jaringan kulit baru). Proses kelembaban sangat penting untuk mendukung fungsi fibroblast,” katanya.

dr. Adisaputro mengatakan, setelah luka dibersihkan menggunakan air, maka segeralah tutup luka, misalnya dengan plester untuk menjaga kelembabanya.

“Kalau terlalu basah, serap cairan yang keluar dari luka. Sementara jika terlalu kering, dilembabkan,” kata dr. Adisaputro. (ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs