Senin, 13 Mei 2024

Seribu MPU Datangi Pendopo Sidoarjo Tolak Pengoperasian BRT

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
MPU yang akan menggelar aksi unjuk rasa di Pendopo Sidoarjo. Foto : Pramudito via @e100ss

Sebanyak 1000 angkutan umum di kota Sidoarjo akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (18/5/2015). Saat ini terpantau sudah ada 200 MPU yang sudah berkumpul di lokasi.

Edi Sutiono Kepala Bidang Angkutan Dinas Pehubungan Sidoarjo mengatakan, mereka menggelar aksi unjuk rasa menuntut operasional bus rapid transit (BRT) ditunda atau dievaluasi lagi terkait rute yang akan dilalui.

“Mereka menuntut rute yang dilalui BRT untuk dialihkan karena MPU merasa terganggu karena ada rute jalan yang dilalui BRT berhimpitan dengan rute MPU,” kata dia.

Sesuai dengan rapat terakhir 13 November 2014 lalu yang dilakukan pihak terkait termasuk perwakilan MPU. Diusulkan rute BRT tidak lewat jalur bawah melainkan usai jalan Pahlawan langsung lewat tol.

“Tapi kenyataannya mendekati peresmian BRT, mereka kok ada gejolak dan masih keberatan dengan rute yang berhimpitan,” katanya.

Untuk jalur yang berhimpitan antara MPU dengan BRT, kata dia, hanya 5 persen dari total keseluruhan jalur atau sekitar 2,5-3 KM.

“Padahal kalau dikaji lebih dalam justru dengan keberadaan BRT ini bisa meningkatkan minat pengguna angkutan umum. Karena pengguna kendaraan pribadi akan beralih menggunakan kendaraan umum,” tambah dia. (dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
32o
Kurs