Selasa, 7 Mei 2024

Seru, Marinir Amerika Berkenalan dengan Balap Karung dan Onde Onde

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Marinir Amerika lomba balap Karung Estafet. Foto: Dispen Kormar.

Prajurit Taifib Korps Marinir TNI AL memperkenalkan budaya dan permainan khas Indonesia kepada Marinir Amerika yang dikemas dalam kegiatan olahraga bersama dipusat latihan tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Jawa Timur, Kamis (26/3/2015).

Kegiatan diawali dengan lari bersama di Puslatpur Korps Marinir Baluran, kemudian dilanjutkan dengan permainan tradisional Indonesia yang sering diperlombkan saat peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia, diantaranya lomba balap Karung Estafet, lomba mengambil uang logam dengan mulut, lomba memukul kantong air dan lomba memindahkan lingkaran tali (Hula Hoop).

Perserta maupun para penonton begitu meriah saat menyaksikan para peserta mengikuti perlombaan itu. Kebersamaan dan kerjasama prajurit Marinir Indonesia dan Amerika ditunjukkan saat mereka mengikuti lomba.

Semua perlombaan yang diikuti prajurit Marinir kedua Negara tersebut berlangsung sangat menarik, karena semua perlombaan dilakukan secara tim. Selain kegiatan tersebut, juga dilakukan pertandingan.

Usai pelaksanaan perlombaan, seluruh peserta disuguhi makanan dan minuman khas Indonesia, diantaranya pisang rebus, ketela rebus, onde-onde, bakwan, pisang rebus, jagung rebus dan kentang rebus, sedangkan minuman khas Indonesia yang disajikan yaitu wedang jahe dan kelapa muda.

Mayor Marinir Freddy Ardianzah selaku Komandan Satgas Latihan Lantern Iron 15-5524 mengatakan, kegiatan tersebut selain sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika dan mempererat persahabatan Marinir kedua negara, juga dalam rangka memperingati HUT ke 14 Pasmar-1 pada 22 Maret 2015 lalu.

Olahraga bersama tersebut merupakan rangkaian latihan bersama Taifib Korps Marinir dan US Marsoc bertajuk Lantern Iron 15-5524 yang dijadwalkan akan digelar hingga 10 April 2015. (tok/dop/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
26o
Kurs