Selasa, 5 Juli 2022

Siswa Bingung, Naskah Soal dan Audio Listening UN PBT Bahasa Inggris Beda

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Laman E100, Rabu (15/4/2015) Foto: Facebook

Melalui @e100ss dan E100, dan Radio Suara Surabaya peserta Ujian Nasional (UN) Paper Based Test (PBT) mata pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat SMA/SMK sederajat di Jatim melaporkan ketidak sesuaian soal audio listening yang terdapat CD audio yang dikirim ke sekolah dengan soal yang berada di naskah.

Siswa mengaku tidak dapat mengerjakan beberapa soal listening karena soal di audio tidak sama dengan teks di naskah ujian. Netter Joko Wahyu Utomo melaporkan, “No. 12 – 15 listening utk SMK Kelompok teknologi jg gk sama dg audio listeningnya, tadi saya jg bingung.

Bahkan, di Lumajang, Muhamad Faisol melalui akun twitternya @phychole mengaku semua soal listening tidak bisa dikerjakan. “Terjadi kesalahan soal UN B. Inggris di Kab Lmj, no 1-15 listening tdk sesuai dg cd yg diberikan shg tidak bisa dikerjakan”.

Senasib, Sirojul Umam di Bangkalan yang mengalami hal serupa melaporkan melalui Facebook “Lapor.. SMA dan SMK al Hikam Bangkalan jg sama. 15 soal Listening tidak cocok. Terpaksa di lompati”.

Irham Rusdi yang menjadi salah seorang pengawas UN juga membenarkan kejadian ini. “Memang betul… saya juga mengalami di sekolah SMK krian 2… kebetulan saya jaga jadi pengawas disana.. Seluruh soal di smk krian 2 mengalami kesalahan di soal listening,” tulisnya melalui E100.

Kejadian yang tidak diharapkan ini menurut @IgnasiusHendra dapat merugikan siswa. “audio Listening UN Bahasa Inggris PBT untuk SMK tidak sama dengan teks soal, jadi menyulitkan para siswa,” tulisnya.

Sementara itu, Suharyono melalui akun @haryonoaz meminta hal ini ditindak lanjuti oleh Dinas Pendidikan. “Mohon ditelusuri ketidak sesuaian soal UN Bahasa Inggris SMA dan SMK antara naskah soal dan CD Audio yang dikirim” tulisnya. Aji Dharma Ertanto juga menulis, “Mhon petunjuk bgmn pnylsaianx?”

Beberapa sekolah yang dilaporkan netter mengalami hal tersebut, di antaranya SMAN 1 Jombang, SMA dan SMK Al Hikam Bangkalan, SMKN 2 Krian, SMAN 1 Trawas Mojokerto, SMA Budi Utomo Prambon Sidoarjo, SMK Diponegoro Jombang, SMAN 1 Kebomas Gresik, SMAN 1 Kesamben Blitar, dan SMAN 1 Puncu Kediri.(iss/ipg)

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs