Minggu, 16 Juni 2024

Siswa SMK di Surabaya Siap Bekompetisi di Pasar Bebas MEA

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa SMK di Surabaya sedang melakukan praktek kerja. Foto: antaranews.com

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya, siap bertarung memenangkan kompetisi di pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mendatang, kata Iksan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Pernyataan ini didasarkan pada fakta di mana makin banyaknya siswa-siswa berprestasi di kalangan siswa SMK di Surabaya. Prestasi para siswa tidak kalah dengan sekolah lain di luar Surabaya bahkan diluar Indonesia.

“Siswa SMK kita memang luar biasa. Sederet prestasi menggembirakan mereka ukir di tingkat nasional maupun internasional. Saya kira dengan perkembangan itu, siswa SMK kita cukup mampu bersaing dengan negara lain di bidang yang sama,” kata Iksan.

Oleh karena itu, Iksan berharap bahwa siswa SMK tidak perlu berkecil hati dan patah semangat dalam menghadapi persaingan dipasar bebas MEA 2015 nanti.

“Justru mulai dari saat ini atau bahkan sejak beberapa tahun lalu, siswa SMA dan khususnya SMK harus bersiap-siap dengan berbagai hal baru dalam rangka memperkuat daya saing dengan negara lain dibidang pendidikan,” tegas Iksan.

Ditemui di tempat berbeda, Bahrun Kepala SMKN 1 Surabaya membenarkan bahwa keterampilan dan kemampuan siswa-siswa SMK di Surabaya memang tidak kalah dengan sekolah lain.

Beberapa SMK di Surabaya, lanjut Bahrun memiliki spesialisasi-spesialisasi pada materi pembelajaran tertentu. “Di SMKN 1 misalnya ada beberapa bidang kajian yang cukup diperhitungkan. Dan ini modal bagi siswa untuk dapat bersaing di era MEA nanti,” ujar Bahrun.

Bahrun menambahkan bahwa era pasar bebas pada MEA memang sudah di depan mata, dan untuk itu siswa SMK sebaiknya juga mempersiapkan diri. “Bukan sekedar mental, tetapi keterampilan lebih juga dibutuhkan untuk memenangkan persaingan MEA,” pungkas Bahrun pada suarasurabaya.net, Senin (24/8/2015).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs