Jumat, 29 Maret 2024

Soal Gas Buang, Tingkat Kesadaran Armada Bus Minim

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Uji emisi armada bus dilakukan di terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Uji emisi maupun razia gas buang yang digelar disekitar terminal Purabaya maupun secara mendadak dibanyak tempat, masih saja banyak menyisahkan banyaknya armada bus yang melanggar aturan. Tingkat kesadaran armada bus memang masih minim.

“Sosialisasi dengan berbagai cara sudah kami lakukan. Mulai dari pertemuan-pertemuan berkala yang kami gelar bersama awak armada bus, sampai dengan razia diterminal, juga uji emisi dibanyak tempat, sudah kami gelar. Tapi kesadaran memang masih minim,” ujar May Ronald Kepala UPTD Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

Asumsi itu, kata May Ronald, berdasarkan kenyataan atau fakta dilapangan bahwa masih banyak armada bus yang tidak mengindahkan himbauan atau aturan agar menjaga emisi gas buang.

Dari berberapa kali razia gas buang dilingkungan terminal Purabaya misalnya, masih banyak armada bus yang berdasarkan alat uji emisi tertangkap melanggar ambang batas gas buang.

“Faktanya demikian. Kadang kelengkapan administrasi, seperti surat-surat kendaraan dan perjalanan lengkap. Tapi saat dilakukan uji emisi masih saja diatas ambang batas yang diperbolehkan,” tegas May Ronald pada suarasurabaya.net, Sabtu (4/3/2015).

Untuk itu, meskipun Pekan Keselamatan yang sudah digelar dan diawali dengan berbagai razia termasuk pemeriksaan kesehatan awak armada bus sudah dilaksanakan, razia terkait kelengkapan dan keselamatan armada bus terus dilakukan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs