Sabtu, 8 Juni 2024

Soft Skill Tak Cukup Rebut Kesempatan Kerja

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat Brahmasari memberikan bimtek pada calon tenaga kerja di Disnaker Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Selain soft skill faktor lain yang memiliki peran penting yang dapat menunjang seseorang dalam mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkannya adalah kepribadian.

Kepribadian ini menjadi sangat penting karena menyangkut kemampuan seseorang untuk mengenali diri sendiri dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan mengenai semua potensi yang ada dalam dirinya.

Tujuannya jelas agar dapat mengangkat kepercayaan diri sehingga dapat merubah keadaan diri menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain. Dan pada akhirnya hal itu memberikan nilai lebih bagi diri sendiri.

Prof. Dr. drg. Hj. Ida Aju Brahmasari, Dipl, DHE, MPA, Rektor Untag Surabaya menyampaikan itu dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Soft Skill Peserta Pelatihan Tenaga Kerja Siap Pakai Disnaker Kota Surabaya Tahun 2015 yang diselenggarakan di aula kantor Disnaker Kota Surabaya, Kamis (8/10/2015).

“Masing-masing orang memiliki keunikan yang berbeda. Dengan memanfaatkan segala kesempatan yang datang untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi diri, maka seseorang akan berhasil dalam persaingan. Kesempatan tidak datang dua kali. Jika dapat dimanfaatkan itu akan sangat menguntungkan,” papar Brahmasari.

Lebih lanjut Brahmasari menambahkan tentang beberapa strategi pengembangan diri, diantaranya adalah menjadi diri sendiri, terus mengembangkan diri, menjadi orang yang menarik yang memiliki skill, passion, pengalaman, attitude yang baik, mengetahui apa tujuan ke depan, selalu bersahabat dengan orang lain, dan mau membantu orang lain.

“Hal-hal itu memang harus dilakukan. Tetapi yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana diri kita mampu memadukan dan menggabungkan antara kecerdasan, emosi, dan spiritual untuk dapat sukses serta mampu mengembangkan diri,” tambah Brahmasari.

Sementara itu ditambahkan Tiagita konsultan pendamping Disnaker Kota Surabaya bahwa kegiatan kali ini memang dirancang untuk memberikan kemampuan calon tenaga kerja dengan pelatihan attiude serta pengembangan kepribadian yang baik.

“Karena itu sangat penting, selain soft skill, dua hal lainnya, yaitu attitude dan kepribadian jug penting agar calon tenaga kerja siap ditempatkan diberbagai perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat besar manfaatnya bagi mereka,” tukas Tiagita pada suarasurabaya.net.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 8 Juni 2024
32o
Kurs